Kamis, 23 Februari 2012

Lodeh Terong

 

Sayur lodeh terong dan tempe enak untuk hidangan makan siang hari.

 
Bismillahirrohmanirrahiim...

 
Bahan yang digunakan :

·         Terong ungu atau hijau yang sedang 3 buah
·         Daun melinjo yang muda secukupnya
·         Tempe secukupnya

Bumbu yang diperlukan : 




      Berambang yang besar 5 buah
·         Bawang putih 3 siung besar
·         Lombok hijau besar 3 buah
·         Daun salam yang kecil 1 lembar
·         Lengkuas 1 iris agak besar
·         Gula merah secukupnya (sedikit)
·         Garam setengah sendok kecil
·         Ebi secukupnya (sedikit)
·         Kelapa seperempat butir kurang

Cara Memasak :

·         Pertama-tama terong dikupas dipotong-potong agak besar selebar 2 jari persegi agar rapi sehingga hasil masakan nantinya menarik selera, sebelumnya siapkan terlebih dahulu wadah yang sudah diberi air untuk mencuci terong. Masukkan terong kedalam air dan biarkan direndam, sebab terong yang sudah di kupas bila tidak direndam akan berwarna biru kehitaman, kalau dimasak warna jadi tidak menarik.

·         Daun melinjo disiangi dari tangkainya agar bila dimasak tidak kaku. Juga biarkan utuh. Daun melinjo yang dipotong-potong bila dimasak tidak akan menjadi masakan yang enak. Daun melinjo yang masih utuh bila dimasak akan lebih lemas dan lembut disbanding yang telah dipotong-potong. Cuci daun melinjo bersama terong tidak mengapa jadikan satu tempat.

·         Lalu iris tempe tipis-tipis setipis satu jari, sedang besarnya menyesuaikan besar irisan terong agar serasi. Irisan dari bahan masakan yang tidak serasi mempengaruhi hasil masakan. Jika irisan dari bahan masakan tidak sama tebal tipisnya, maka ketika telah masak, rasanya masing-masingnya lain, yang tipis irisannya lebih asin/manis daripada yang lebih tebal irisannya. Maka didalam memasak apapun juga usahakan pemotongan bahan agar ukurannya satu sama lainnya sama.

·         Kelapa dikerok dulu kulit luarnya, dicuci sampai bersih lalu baru diparut, ambil santan kentalnya sedikit demi sedikit dan pisahkan dengan yang cuer. Kalau memungkinkan membeli kelapa dan diparut sendiri, jangan membeli kelapa yang sudah diparut, atau jangan menggunakan santan kemasan kalau ingin hasil masakan rasanya enak ( maksimal ). Cara memeras santan agar hasil masakan enak juga airnya sedikit demi sedikit, jangan banyak-banyak memberi airnya untuk menyantan. Karena rasa masakan akan lebih enak bila cara menyantannya dengan air sedikit-sedikit daripada yang diberi air sekaligus banyak ( Ini mungkin demi kepraktisan, tapi dapat dipastikan hasil masakan akan hambar)

·         Langkah selanjutnya setelah semua bahan sudah disiangi dan dibersihkan, sudah diiris dan dipotong-potong, maka cucilah bumbu sampai bersih ( kecuali gula merah dan garam tak usah dicuci) irislah berambang, lalu bawang putihnya, kemudian lomboknya, siapkan menjadi satu salam dan laos yang sudah dicuci. Biasakan jika mau memasak siapkan dahulu bahan dan bumbu2 komplit jangan sampai ada yang ketinggalan satupun baru kita mulai memasak. Sebab ada satu bahan saja yang ketinggalan maka rasa masakan bisa menjadi hambar !

·         Setelah persiapan bahan dan bumbu selesai, maka semua bumbu juga ebinya masukkan kedalam panci untuk memasak, tempe masukkan bersama bumbu, masukkan juga garam dan sedikit gula (bisa gula merah atau gula pasir sesuai selera) lalu beri satu gelas air untuk merebusnya. Setelah airnya mendidih, biarkan sejenak biar bumbu meresap kedalam tempe, setelah itu masukkan santan cair kedalam panci, tunggu sampai mendidih aduk agar santan tidak pecah, setelah santan cair tadi mendidih langsung masukkan terongnya lebih dahulu, bila terong sudah setengah matang segera masukkan santan kental kedalamnya, apabila santan kentalnya sudah mendidih segera masukkan daun melinjonya. 

    Apabila masak dengan kelapa, maka usahakan mulai santan dimasukkan jangan ditinggal-tinggal, tapi ditunggu sampai mendidih agar santan tidak pecah. Karena kalau santan menjadi pecah, maka rasa masakan akan menjadi hambar walau bumbunya sudah komplit. Jangan biasakan masak memakai bumbu penyedap masakan, sama saja kita menabung penyakit untuk masa depan. Lebih baik masak rasa sedikit tidak enak tapi sehat, daripada lezat tapi berakibat banyak penyakit. Pilih mana sobat?

·         Berdoalah kepada Allah sejak awal memasak agar masakan yang kita masak enak, sehat dan berkah untuk keluarga. Bismillah.. Insya Allah walau tidak memakai bumbu penyedap rasa, maka masakan kita tidak kalah sedapnya dengan yang memakai bumbu penyedap. Percayalah, dan buktikan, karena Allah Segala Maha, apalagi kita hanya mohon untuk memberi rasa?


Selamat Memasak Semoga sukses !
Enak, sehat dan berkah….



Alhamdulillahirrobbil'alamin...
Resep Niniek SS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar