Kamis, 23 Februari 2012

Resep Sayur Bening Bayam


 
Sayur Bening Bayam dan Gambas enak dan sehat dikonsumsi, terutama bagi anak-anak dan usia lanjut, mengandung banyak zat besi untuk kesehtan tulang.


Bismillahirrahmanirrahiim...


Hampir setiap orang bisa masak sayur bening bayam, tapi biarlah saya tulis disini, mungkin belum ada seorangpun yang menulis di internet saking mudahnya, nah siapa tahu Anda sibuk sehingga tidak sempat mengajari putra-putri Anda untuk memasak, buka saja
“www.inilah resepku.blogspot.com”…Eh jangan tertawa dulu sobat, mosok putra laki-laki Anda juga suruh belajar masak? Benar, ajarilah bukan hanya putri Anda yang bisa masak, namun putra Anda juga perlu belajar masak, mengapa?

Suatu hari nanti pasti dibutuhkan. Ketika ia menjadi seorang bapak, dimana isterinya sakit dan sedang tidak bisa masak untuk keluarga, dirumah tidak ada pembantu, ia mempunyai anak kecil yang harus makan dengan sayur, beli diluar tidak ada? Nah..disinilah dibutuhkan ketrampilan itu !! jadi jangan remehkan soal ini.

Atau bayangkanlah…jika Anda sedang sakit tidak bisa masak, terus tiba-tiba suami Anda kedapur untuk memasakkan untuk seluruh keluarga, masakannya enak lagii..bagaimana perasaan Anda? Senang bukan? Haru bukan? Dan tentu sangat bersyukur mempunyai suami yang ternyata bisa masak, dan mau melakukannya untuk Anda.

Nah insya Allah begitulah yang akan dirasakan oleh menantu Anda kelak, jika sejak sekarang Anda mau mengajari putra Anda belajar untuk memasak.
Oke siap ya, mari kita mulai belajar masak sayur bening bayam.

Bahan-bahan yang digunakan :

·         Bayam cabut atau yang ada oyotnya 1 ikat
·         Oyong/gambas yang sedang 2 buah

Bumbu yang diperlukan :

·         Bawang merah besar 3 butir
·         Bawang putih 1 siung kecil
·         Daun salam 1 lembar yang kecil
·         Lengkuas 1 iris agak besar
·         Daun loncang dan seledri
·         Tomat yang sedang, agak hijau1 buah
·         Garam dapur
·         Gula pasir

Cara memasaknya:

·         Siangi bayam, potong-potong tangkainya kira-kira 3 cm, ambil 3 kali potong sisanya dibuang saja karena bagian sisa ini kalau dimasak akan keras.

·         Kupas oyong jangan terlalu bersih, agar jika dimasak tidak lembek.Potong kira-kira selebar 2 cm.

·         Bayam dan oyong cuci sampai bersih, pisahkan tempatnya.

·         Bersihkan daun loncang dan daun seledri lalu cuci sampai bersih.

·         Kupas bawang merah, bawang putih lalu cuci sampai bersih.

·         Cuci juga daun salam, lengkuas, tomat sampai bersih.

·         Potong-potong daun loncang satu setengah cm,juga daun seledri ambil yang muda-muda saja.

·         Iris bawang merah, bawang putih dan tomat.

·         Ambil 1 gayung air, taruh dalam panci untuk memasak, masukkan bawang merah dan bawang putih yang telah diiris kedalam panci, juga tomat, daun loncang, garam dapur dua jimpit jari (secukupnya kira-kira setengah sendok teh nanti kalau kurang bisa ditambah sesuai selera),daun salam, lengkuas, gula pasir 1 sendok teh, lalu direbus sampai mendidih.

·         Setelah mendidih, masukkan oyong atau gambas kedalamnya bersama-sama dengan bayam, cicipi kuahnya, sudah pas rasa asin atau manisnya dengan selera Anda atau belum. Tambah atau kurangi garam atau gulanya sesuaikan dengan selera Anda. Tak perlu memakai tambahan bumbu masak, karena masakan akan enak di lidah akan tetapi Anda menabung penyakit didalam tubuh Anda.

·         Jika Anda ingin masakan Anda sedap, pada bahan masakan tambahkan tulang sapi yang masih ada dagingnya sedikit-sedikit,  direbus dulu dengan air yang se gayung tadi tambahkan sedikit air dan biarkan mendidih agak lama sedikit agar daging yang ada pada tulang menjadi empuk dulu, baru yang lain-lain dimasukkan sesuai urut-urutan memasak.

·         Setelah bayam dan oyong dimasukkan, tunggu sebentar jangan lama-lama, lalu dilihat apakah tangkai bayam sudah empuk apa belum? Kalau sudah empuk segera matikan kompor, dan segera ditempatkan dalam mangkuk. Jangan biarkan sayur bayam yang telah masak dibiarkan dalam panci tertutup ( tidak segera diletakkan dalam mangkuk ), nanti bayam akan menjadi “lonyot” (terlalu matang), sehingga tidak segar rasanya.

·         Hidangkan sayur bening bayam ini ketika sudah dingin akan lebih enak rasanya.

·         Hidangkan dengan tempe bacem dan sambal tomat. Lihat resep membuat tempe bacem dan sambelnya ya?


“Selamat Memasak”
Semoga enak, sehat dan berkah.

Alhamdulillahirrobbil'alamin.
Resep Ninik SS.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar