Rabu, 02 Mei 2012

Khasiat Bumbu Dapur






Bismillahirrahmanirrahiim...


Sampai sekarang ini belum ada yang tahu siapa sebenarnya penemu bumbu dapur.  Mengapa formula sayur bening bayam harus dengan bawang merah, sedikit bawang putih, tomat , garam, daun salam, dan lengkuas ?

Mengapa untuk masak sayur sop harus dengan
bumbu bawang putih yang dikeprak agar lebih sedap, merica yang dilembutkan, ditambah dengan tomat, daun loncang dan daun seledri serta dengan taburan bawang merah goreng sdiatasnya, bila sudah siap dihidangkan hangat-hangat?

Masih banyak lagi bumbu dapur selain itu yang tak dapat saya sebutkan satu-persatu disini.Mengapa pula tentang hal ini saya posting disini? Karena masih ada kaitannya dengan pengobatan herbal.

Ya ! bahkan sangat erat karena setiap hari kita pasti mengkonsumsi  makanan yang dimasak dengan bumbu dapur.

Saya sangat menghargai dan mengagumi orang-orang jaman dahulu  yang pertama kali menemukan formula resep masakan dengan bumbu yang beraneka macam dan menghasilkan masakan sedap yang berlain-lainan pula. Sungguh ‘luaaar biasa’…

Ternyata setelah kita telaah lebih jauh, bumbu-bumbu itu dirangkum sedemikian rupa sehingga menjadi resep masakan yang aduhai, bukan saja agar menarik selera, tetapi pada masing-masing  item bumbu dapur mempunyai kandungan dan manfaat bagi kesehatan manusia.  Subhanallah. Allah Maha Besar dengan keberagaman ciptaanNya.
Coba simaklah Teman…
Bawang merah mengandung zat anti radang, zat pembunuh bakteri, bisa mengencerkan dahak, penurun demam bagi anak-anak, memudahkan kentut, mencegah kanker karena sulfurnya, melancarkan air seni, mencegah penggumpalan darah, bisa menurunkan kolesterol, juga mentralkan kadar gula dalam darah. Wah ternyata banyak sekali manfaatnya teman.

Bagaimana dengan bawang putih?
Bawang putih ternyata mempunyai zat anti kanker dan tumor, meredam sakit telinga,bisa untuk mengobati ambeien, antisipasi dalam pembekuan darah, baik  untuk alat pencernaan, membasmi berbagai cacing dalam usus,membersihkan usus dari kuman,bisa  untukmengobati sakit ginjal, baik untuk jantung, baik untuk menurunkan kolesterol jahat,bisa untuk obat desentri, bisa untukmengobati reumatik dan persendian,bisa menurunkan kadar lemak dalam darah dan masih banyak manfaat yang lain lagi bagi kesehatan. Subhanaallah…

Apakah manfaat dari daun salam ?
Daun salam kecuali digunakan sebagai penambah rasa gurih pada masakan juga mempunyai manfaat sebagai  obat diare, mengobati asam urat, menurunkan kadar lemak dalam darah juga bisa untuk mengobati penyakit diabet atau kencing manis, kecuali itu daun salam juga bisa untuk menetralisir asam lambung yang berlebih.

Buah tomat. Kecuali digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan ternyata mempunyai zat gizi yang cukup banyak terutama untuk menghaluskan kulit, untuk menetralisir alergi, untuk membasmi jerawat.

Dan masih banyak lagi bumbu-bumbu dapur dengan segala kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan manusia yang tak dapat saya tulis semuanya disini.

Dari uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa bumbu dapur kecuali berfungsi untuk membuat masakan mempunyai rasa yang enak untuk dimakan, juga mempunyai kandungan berbagai macam zat yang dapat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Inilah salah satu kehebatan tanaman herbal.
Semoga ada manfaatnya…


Alhamdulillahirrobbil'alamin...
Ditulis Oleh :  Niniek SS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar